Rabu, 12 Juli 2023

Tema dan Logo HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia


Dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-78 Negara Kesatuan Republik Indonesia pemerintah merilis logo HUT RI melalui Kementerian Sekretariat Negara.

Pada link unggahan yang dibagikan oleh Kementerian Sekretariat Negara, logo peringatan HUT ke-78 RI tahun ini memadukan angka tujuh berwarna merah serta angka delapan dengan siluet lima garis berwarna merah.

Adapun pada perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Indonesia ini mempunyai slogan "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju".

Selain itu, logo ini juga berdasarkan dari hasil proses penyaringan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI).

Logo rancangan Katarina Monika akhirnya dipilih oleh Presiden Jokowi untuk digunakan sebagai logo resmi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI bersanding dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Kesatuan logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Konsep visualnya pun terdapat semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, dan menuju Indonesia maju. Sehingga menggambarkan pembangunan Indonesia harus terus dengan semangat.

Seperti olahraga estafet yang menggambarkan semangat kolektif, berharmoni, berkolaborasi, dan sinkronisasi irama gerak serta sinergi pikiran dari tiap-tiap pelari dalam mencapai satu tujuan.

Untuk desain serta pedoman penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI, dapat diakses pada situs resmi Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia atau pada link https://s.setneg.go.id/hutri78.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar