Kamis, 17 Oktober 2013

Gerbang Bojonegoro Bersinar, Gerakan Bangga Bojonegoro Bersih, Sehat, Indah, Nyaman, Asri dan Rapi

Program Kabupaten Bojonegoro yang dinamakan Gerakan Bangga Bojonegoro Bersih, Sehat, Indah, Nyaman, Asri dan Rapi (Gerbang Bojonegoro Bersinar). Diharapkan dapat menumbuhkan kepahaman dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar. Sehingga, keberlangsungan fungsi lingkungan hidup sebagai penopang kehidupan masyarakat Bojonegoro dapat terjaga kelestariannya.

Diharapkan semua pihak ikut berpartisipasi untuk mewujudkan Bojonegoro Bersinar. Karena itu perlu mengajak untuk menggalang sinergitas lewat gerbang Bojonegoro Bersinar (Gerakan Bangga Bojonegoro Bersih, Indah, Nyaman, Asri dan Rapi) sebagai wujud cinta sesama dan kepedulian memperbaiki, menjaga dan melestarikan lingkun­gan. Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan sinkronisasi dan kebersamaan kita, bekerja keras, saling bahu-membahu untuk mewujudkannya. Kita juga perlu suasana nyaman, aman dan da­mai.
Pembangunan yang dilaksanakan haruslah pembangunan yang pro environment atau pro lingkungan hidup sehingga amanah untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dapat terlaksana dengan baik.

Tujuan dilaksanakannya gerakan ini sendiri di antaranya menyiapkan desa/kelurahan, kecamatan yang ada di Kabupaten Bojonegoro sebagai wilayah yang bersih, hijau, indah teduh dan nyaman, menggerakkan kesadaran mesyarakat Bojonegoro akan pentingnya pengelolaan lingkungan, membudayakan pola hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat.

Penilaian Gerbang Bojonegoro Bersinar ini untuk kategori I akan dilaksanakan pada akhir September 2013 dan akan dievaluasi kembali pada Maret 2014. Sedangkan untuk kategori II dan III akan dilaksanakan pada Oktober 2013.

Sasarannya adalah 8 desa dan 11 kelurahan di Kecamatan Kota, 27 desa Ibu Kota Kecamatan dan 27 desa perwakilan dari 27 kecamatan. Penghargaan akan diberikan kepada pemenang I, II dan III dalam bentuk uang pembinaan, trofi, piagam penghargaan dan piala bergilir Bupati Bojonegoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar